Oleh: alkabri | Februari 27, 2008

Menyusun Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan

Masih ingat Televisi Edukasi (TV-E) yang diluncurkan Oktober lalu? Media elektronik untuk pendidikan itu dirintis oleh Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Pustekkom), lembaga yang berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Ini untuk memberikan layanan siaran pendidikan berkualitas yang dapat menunjang tujuan pendidikan nasional.

Pustekkom seperti dijelaskan dalam milis lembaga ini mengemban misi yang berperan serta secara aktif untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan nasional dan pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi komunikasi dan informasi. Visinya menjadi suatu lembaga unggulan (center of excellence) di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan teknologi komunikasi dan informasi dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pustekkom bertujuan menyusun alternatif pemecahan masalah pendidikan melalui penerapan teknologi pendidikan dengan mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi dan menghasilkan berbagai model dan paket media pembelajaran untuk menunjang sistem pendidikan. Selain itu, menyediakan tenaga-tenaga ahli dan terampil dalam mengembangkan dan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi.

Tugasnya mengkaji, merancang, mengembangkan, menyebarluaskan, mengevaluasi, dan membina kegiatan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan jarak jauh/terbuka. Ini dalam rangka peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan di semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan sesuai dengan prinsip teknologi pendidikan berdasarkan kebijakan yang ditetapkan Menteri Pendidikan Nasional.

Dalam melaksanakan program kerjanya, Pustekkom dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang cukup memadai, antara lain studio audio, studio video, studio multimedia, ruang penyajian, ruang pelatihan, perpustakaan cetak dan perpustakaan media, dan lain-lain.

Pelatihan selalu dilaksanakan baik dalam rangka peningkatan kemampuan SDM internal Pustekkom maupun memberikan pelatihan bagi pihak lain. Layanan konsultasi dan pelatihan bagi pihak luar antara lain dalam bidang pengembangan sistem pembelajaran, pengembangan bahan belajar mandiri, penulisan naskah dan produksi program audio, penulisan naskah dan produksi program video, penulisan naskah dan produksi program multimedia interaktif, pengembangan situs dan jaringan.

Siaran Radio Pendidikan untuk Murid Sekolah Dasar (SRPM-SD) adalah suatu sistem atau model pemanfaatan program media audio interaktif untuk siswa SD yang dikembangkan oleh Pustekkom sejak tahun 1991/1992. SRPM-SD lahir dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar.

Bahan belajar SRPM-SD dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan dimanfaatkan secara terpadu dalam proses belajar mengajar di kelas berdasarkan judul program. Dikembangkan sejak 1991, sampai 2001 model ini telah dilaksanakan di 20 provinsi dengan jumlah lokasi sebanyak 160 SD Inti dan 10 SD Guru Rangkap.

Produk media audio lain yang dihasilkan oleh Pustekkom antara lain Radio Pelangi, audio integrated, dan audio SLTP Terbuka. Tentu saja, itu tadi, termasuk TV-E yang akan berfungsi sebagai media pembelajaran bagi peserta didik, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil dalam rangka pemerataan kesempatan dan peningkatan mutu pendidikan. Sebagaimana dijelaskan Kepala Pustekkom Depdiknas, Hariana Yuhetty saat itu, melalui TV-E, masyarakat juga akan memperoleh informasi tentang kebijakan dan program pembangunan pendidikan.

dari Republika Online

Iklan

Responses

  1. Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/pendidikan/menyusun_alternatif_pemecahan_masalah_pendidikan/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: